CarA Sharing File Di linux

Sebenarnya udah banyak situs yang menjelaskan tentang sharing file/folder menggunakan samba di ubuntu (saya masih menggunakan Ubuntu 7.04) agar bisa di akses oleh komputer lain yang berbasis windows. Tapi berhubung kemarin nyoba instalasi Ubuntu di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Atap Kab. Maros (Sulawesi Selatan) dan mengaktifkan file/folder sharing dengan samba ada sedikit kendala maka tutorial singkat ini saya buat sekedar untuk mengingatkan saya agar tidak lupa dan tidak repot lagi mencari penyelesaiannya di situs lain.

Berikut garis besar Sharing file/folder di Ubuntu.

  • Sharing file dan folder dari PC Ubuntu semudah sharing di Windows. Cukup Klik kanan pada folder yang akan di sharing kemudian pilih Share Folder. Jika Service yang dibutuhkan untuk sharing file/folder belum terinstall, maka akan muncul pesan untuk menginstall service tersebut.

fileshare01a

 

  • Beri tanda pada service yang akan di install, jika semua komputer dalam LAN menggunakan linux cukup install NFS saja, namun jika terdapat komputer Windows maka Anda perlu menginstall Samba (SMB). Klik Install Serivice. Untuk bisa menginstall service ini komputer Anda harus terhubung secara Online ke Internet. ( Atau bisa juga menggunakan Metode Offline dengan menginstall secara lokal melalui DVD Repositori – Cara ini akan dijelaskan pada tulisan lain atau bisa dibaca di sini, atau googling aja dengan keyword lokal repositori ).

fileshare02a

  • Setelah download instalasi selesai, akan muncul jendela option untuk sharing file/folder seperti pada gambar.

fileshare03

  • Yang perlu diperhatikan adalah pada bagian share through : Windows Networks (SMB) atau Linux (NFS). Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika ingin sharing nya bisa di akses dari windows gunakan SMB tetapi jika semua komputer menggunakan linux cukup gunakan NFS. Klik OK
  • Tidak seperti di windows yang otomatis akan menandai folder yang telah di sharing, di ubuntu kita harus melakukannya secara manual. Klik kanan pada folder yang telah di sharing, pilih properties lalu pilih tab emblems. Anda bisa memilih icon tambahan yang bisa Anda jadikan sebagai simbol bahwa folder tersebut telah di Sharing.

fileshare04a

  • Masih pada tab properties, Anda juga bisa mengatur hak akses pada folder tersebut melalui tab – permissions.

fileshare08a

  • Selesai! sekarang setiap orang dapat mengkases folder yang telah di sharing. Jika muncul prompt yang menanyakan username/password, gunakan username/password yang telah terdaftar pada komputer ubuntu tersebut. Atau username/password Samba.

[Tambahan]

Jika username/password yang Anda masukkan masih juga tidak dapat mengkases folder yang telah disharing coba langkah-langkah berikut :

Edit file smb.conf melalui terminal dengan mengetik :
sudo gedit /etc/samba/smb.conf

trus cari
“; security = user”

hilangkan tanda “;” didepannya (ingat jangan lupa hilangkan titik koma didepan kata tersebut)

Untuk menambahkan user samba gunakan perintah :
sudo smbpasswd -a nama_user_yang_akan_ditambahkan

terakhir restart samba service.
sudo /etc/init.d/samba restart

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: