troubleshooting mouse

3 Kursor Bergerak Tidak Normal
Lancarnya kursor mempermudah pekerjaan siapa saja dalam menggunakan komputer dewasa ini. Sangat menjengkelkan bila kursor bergerak tidak normal, terlebih-lebih bila bergeraknya macet. Adapun beberapa faktor kesalahan yang mungkin menjadi penyebab kerusakan sehingga kursor bergerak tidak normal adalah:

Penyebab 1 Kerusakan driver mouse juga dapat menyebabkan mouse tidak jalan, terlebih jika driver mouse tidak cocok. Walaupun terkadang bahwa driver yang lain dapat digunakan, tetapi jalannya kursor mouse tidak akan normal.
Solusi Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat dilakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas yaitu dengan menggunakan driver compatible untuk semua jenis mouse. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menginstall ulang driver mouse adalah:
• Siapkan master Windows yang digunakan (Win9x, Win me, Win 2000, Win xp, dan lain-lain), dan masukkan ke dalam CD-ROM.
• Tekan tombol alt + s untuk memunculkan menu Start.
• Kemudian ambil pilihan setting, lalu tekan anak panah keyboard ke arah kanan untuk memunculkan sub menu yang lain.
• Ambil pilihan Control Panel, lalu tekan Enter.
• Adapun pilihan pada Control Panel kita dapat memilih langsung pilihan mouse, lalu Enter.
• Dari jendela mouse Properties, tekan tombol Tabulasi (Tab) beberapa kali untuk memindahkan pilihan pada menu general dengan bantuan tambahan menekan anak panah ke kanan.
• Dari menu general akan terlihat jenis driver yang digunakan, jika driver yang terlihat adalah ”/ue”, berarti hard disk telah terinfeksi virus hingga mengakibatkan driver mouse tersebut rusak. Sebaiknya hard disk diinstall ulang. Jika driver yang terlihat adalah “standard serial mouse” atau ”standard PS/2 port mouse” berarti kerusakan terletak pada mouse dan bukan pada driver. Jika driver yang digunakan bukan dari yang kedua driver di atas, kita dapat melakukan perubahan dengan mengambil pilihan change, lalu enter.
• Pada jendela select device mouse, tekan kembali tombol Tabulasi untuk memindahkan pilihan kita ke show all device. Lalu tekan kembali tombol Tabulasi, untuk memilih driver ”standard types” yang berada di kiri layar dan pilih ”standard serial mouse” (untuk mouse serial) atau ”standard PS/2 port mouse ” (untuk mouse PS/2) yang berada di kanan layar, lalu enter.
• Dari hasil konfirmasi yang menjadi pilihan kita, tekan kembali tombol Tabulasi untuk memilih pilihan OK agar perubahan yang dilakukan dapat disetujui.
• Terakhir pada jendela system setting change, Enter (yes) untuk merestart kembali komputer sesudah perubahan yang baru dilakukan, tekan tombol Enter dan tunggu beberapa saat hingga Windows diaktifkan kembali.
Penyebab 2 Pada saat mouse digunakan dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan roller sensor menjadi kotor, dan gelindingan bola juga akan ikut kotor oleh kumpulan debu yang menebal pada roller dan gelindingan bola tersebut. Ini dapat menyebabkan mouse bergerak hanya satu arah karena macetnya pergerakan roller tersebut.
Solusi Di bagian mouse, tepatnya di bagian bawah terdapat satu atau dua buah baut pengikat cassing mouse yang tertutup stiker. Buka cassing mouse maka akan ditemukan mouse dalam kondisi telanjang. Dari hal ini, bersihkan roller mouse dengan air panas atau alkohol dan juga gelindingan bola. Setelah bersih, pasang kembali seperti semula.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: